Lapas Lahat Tingkatkan Pengamanan

Lapas Lahat Tingkatkan Pengamanan


LAHAT, SS - Dalam upaya peningkatan keamanan serta kewaspadaan pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Lapas Kelas IIA Lahat Kanwil Kemenkumham Sumsel melaksanakan Apel Siaga untuk meningkatkan pengamanan di dalam Lapas, Apel ini digelar,Kamis, (14/03/22). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kunjungan ini di ikuti oleh Seluruh Petugas Lapas  sebagai salah satu sarana untuk mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Lapas Kelas IIA Lahat. 

Sesuai  perintah Sekretaris Jenderal (Sekjend)Kemenkumham dan diteruskan Kakanwil Kumham Sumsel, apel siaga ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Lapas atau Rutan seluruh Indonesia, tidak terkecuali Lapas Lahat, 

Apel Siaga wajib diikuti oleh seluruh pejabat struktural, Pejabat fungsional medis, petugas Pengamanan Lapas Lahat yang beberapa diantaranya menggunakan Pakaian Penanggulangan Huru-Hura (PHH).

Kalapas Lahat, Soetopo Berutu menyampaikan dalam amanatnya, bahwa pelaksanaan apel siaga ini  bukan hanya sebatas formalitas saja.

"Kami pastikan kesiapan personil yang akan bertugas nanti, pengecekan sarana keamanan seperti  persenjataan, Genset, senter, Alat pemadam kebakaran APAR dan lakukan deteksi dini dengan melakukan razia area rawan di lingkungan Lapas, ruangan kerja masing-masing," terangnya. 

Tambahnya, meskipun pemerintah sudah mengeluarkan aturan pelaksanaan Libur bersama dalam  perayaan Idul fitri kedepan tetapi bagi petugas Lapas tidak dapat dilaksanakan, mengingat tanggungjawab pengamanan dan perawatan tahanan tidak bisa di tunda  dan sama seperti tahun  yang sudah. 

"Kita stanby di Lapas  melaksanakan tugas pengamanan, walaupun demikian libur cuti bersama dapat diambil  secara bergiliran nantinya. Untuk seluruh petugas memiliki tanggung jawab yang sama dalam meningkatkan kewaspadaan serta selalu siaga dengan kemungkinan terjadinya gangguan kemanan dan ketertiban, laksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai SOP" pesan Kalapas. 

Kalapas juga menyampaikan, langkah-langkah strategis dalam menghadapi kemungkinan gangguan keamanan dan memeriksa sarana keamanan yang ada di Lapas serta melakukan Sinergitas dengan pihak TNI/ Kepolisian dan BNN serta APH lainnya.

Terakhir disampaikan Kalapas  kepada jajarannya untuk selalu waspada, mengedepankan keamanan dan berikan pelayanan kepada publik dengan humanis, serta 4S (senyum,salam, sapa dan santun) Serta mengingatkan pada jajaran untuk tidak terlibat narkoba ataupun menjadi kapal selam alias kurir narkoba, dan menjadi petugas yang jahat bagi rekan-rekan yang baik artinya menjadi oknum yang mencari keuntungan dari tugas yang diemban. 

" Kita bersama mengorbankan institusi Pemasyarakatan" Mari kita Jaga Marwah Pemasyarakatan, mari kita besarkan dan anda harus selalu bangga dengan profesi seperti kita petugas  Pemasyarakatan di Lapas Lahat, kita harus pandai dan banyak bersyukur akan apa yang kita miliki itu semua adalah kepercayaan negara kepada kita sebagai Abdi Negara," himbaunya. 

Diakhir Apel siaga Kalapas juga melakukan pengecekan kerapian barisan juga pengunaan pakaian dinas,atribut  kedinasan yang kita gunakan, pedomani Permenkumham no.26 tahun 2018 tentang ketentuan  pengunaan pakaian seragam dinas, tutur Soetopo. (Fry) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs