Kades Penandingan Membangun Aksesbilitas Jembatan Air, Siring pasang dan Pagar TK Paud

Kades Penandingan Membangun Aksesbilitas Jembatan Air, Siring pasang dan Pagar TK Paud


LAHAT, SL - Tidak dapat dipungkiri jika aksebilitas disuatu desa sangat dibutuhkan. Berdasarkan kebutuhan serta aspirasi masyarakat, maka Pemerintah Desa (Pemdes) Penandingan yang dipimpin Kades Sabranidi, bergerak cepat membangun Jembatan Siring, Siring Pasang dan Pagar TK PAUD. 

Ketiga program pembangunan yang dianggarkan melalui dana desa (DD) tahap 1 tahun 2022 tersebut, adalah sebagian kecil program pembangunan yang telah rencanakannya sebelum Sabranidi di percaya masyarakat untuk memimpin Desa Penandingan. 

" Alhamdulilah, dana desa tahap 1 ini kita dapat merealisasikan pembangunan Jembatan Siring, Siring Pasang dan Pagar TK PAUD. Tujuannya adalah untuk mewujudkan keseimbangan dan pemerataan pembangunan di Desa Penandingan," ujar Sabranidi yang berperawakan hitam manis ini. 

Meskipun demikian, Sabranidi sangat membutuhkan sumbang saran dan kontrol dalam proses pembangunannya. Monitoring dan evaluasi (Monev) yang dilakukan pihak Kecamatan Mulak Sebingkai, akan menjadi tolak ukur bagi dirinya maupun perangkat Desa untuk memastikan proses pembangunan Jembatan Air, Siring pasang dan Pagar TK Paud, dapat lebih maksimal. 

Sementaran itu, tim Monev di Desa Penandingaj ini dihadiri langsung oleh Camat Mulak Sebingkai, Herwansyah, SE MM dan didamping Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lembaga Desa BPD, LPM dan dari unsur perangkat desa, Rabu, (25/05/22) 

Camat Mulak Sebingkai Herwansyah, SE MM menjelaskan,  Monev ini merupakan  tanggung jawab pihaknya sebagai tim Trifika Kecamatan yang terdiri dari, Polsek, Danramil dan dibantu oleh Pendamping Desa. 

"Alhamdulillah untuk Desa Penandingan, dana desa tahap ke 1 tahun  2022 sudah terealisasi pembangunan fisik Jembatan Air, Siring Pasang dan Pagar TK Paud serta non fisik yaitu pembagian BLT untuk bulan Januari sampai dengan bulan Maret," jelasnya. 

Herwansyah mengakui, setelah dilakukan peninjauan di lapangan semua pembangunan di Desa Penandingan sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). 

"Namun saya ingatkan lagi, Pemerintah Desa juga harus jeli dalam Administrasi, sehingga tidak ada kekeliruan dalam pelaporan,"pesannya. 

Herwansyah menambahkan, Monev ini bersifat membina bukan memeriksa benar atau salah. Namun saling mengingatkan untuk arah yang lebih baik. (Tahrim) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs