Melalui Dana Desa, Seluruh Kades Di Kecamatan Mulak Sebingkai Kian Memacu Pembangunan Disegala Sektor, Camat Mengapresiasi Kinerja Para Kades

Melalui Dana Desa, Seluruh Kades Di Kecamatan Mulak Sebingkai Kian Memacu Pembangunan Disegala Sektor, Camat Mengapresiasi Kinerja Para Kades


LAHAT, SL - Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2022 ini, nampaknya seluruh desa di Kecamatan Mulak Sebingkai, Lahat, langsung memacu pembangunan di segala sektor. Tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat desa setempat, mengentaskan kemiskinan di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa, dan memperkuat partisipasi masyarakat desa dalam pelaksanaan pembangunan desa. 


Sebab itu, dana desa diharapkan dapat menjadi angin segar bagi pembangunan desa sehingga mampu menjadikan desa mandiri dalam melakukan dan melaksanakan pembangunan berkelanjutan sesuai harapan masyarakat.


Ketua Forum Kades Kecamatan Mulak Sebingkai, Imam Saputra menjelaskan, Program desa akan berjalan sesuai target waktu dan sesuai harapan apabila didukung oleh dana desa yang akan memperlancar proses pembangunan di desa.


Selain itu, alokasi dana yang diberikan harus digunakan secara konsisten dan terkendali. Setiap kegiatan yang menggunakan alokasi dana desa, melalui beberapa tahapan proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang jelas dan berdasar prinsip. Segala bentuk laporan yang dibuat harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. 


"Dengan semangat kebersamaan dan kekompakan, maka kita telah bersepakat dengan seluruh Kades di Kecamatan Mulak Sebingkai untuk kian memacu pembangunan di segala sektor baik dibidang fisik maupun non fisik," ungkapnya. 

Sementara itu, Camat Mulak Sebingkai, Erwansyah, SE, MM, memberikan apresiasiasinya atas kinerja seluruh Kades di Kecamatan Mulak Sebingkai. Dia mengatakan, untuk mewujudkan desa sejahtera dan mandiri melalui pengelolaan dana desa, peran Kades merupakan salah satu kuncinya. Setiap desa membutuhkan sosok Kades yang tidak hanya menjalankan instruksi dari struktur, namun juga harus mampu menjadi seorang arsitek bagi bangunan ekonomi desanya sendiri. 


"Kepala desa dengan segenap jajarannya tidak bisa lagi hanya sibuk mengurus administrasi seperti yang terjadi selama bertahun-tahun. Kades tidak bisa lagi hanya berpangku tangan dan merasa dirinya mampu hanya karena menjadi pemimpin desa, tetapi harus mau belajar mengenai kewirausahaan dan terus berinovasi dalam menjalankan pembangunan desanya," pungkasnya.(Riz) 






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs