Angin Puting Beliung Menerbangkan Puluhan Atap Rumah Warga Desa Tertap dan Bandar Aji

Angin Puting Beliung Menerbangkan Puluhan Atap Rumah Warga Desa Tertap dan Bandar Aji


LAHAT, SS - Angin puting beliung menerbangkan puluhan atap - atap rumah warga di Desa Tertap dan Desa Bandar Aji, Kecamatan Jarai, Lahat. 

Musibah Angin Puting Beliung yang telah membuat seluruh warga desa panik itu terjadi, Rabu (15/06/22) sekitar pukul 17:00 WIB. 

Akibat musibah ini tercatat di Desa Tertap sebanyak 12 rumah mengalami rusak berat dan 21 rusak ringan

Sementara di Desa Bandar Aji diketahui sebanyak 21 rumah rusah berat dan 36 rusak ringan. 

Berdasarkan keterangan dari Kepala Desa (Kades) Bandar Aji, Raice Antines, angin puting beliung bermula dari arah Selatan Desa Terta menuju Barat Desa Bandar Aji. Dan Angin puting beliung diakui Raice Antines baru pertama kali terjadi di desanya. 

"Baru kali ini angin puting beliung menimpa desa kami. Saat itu warga banyak yang panik dan berlarian keluar rumah. Saya juga sangat panik saat itu," terangnya. 

Disampaikannya, sebagian warga telah membenahi atap rumah yang mengalami rusak ringan dengan menggunakan seng dan terpal, adapun warga yang rumahnya rusak parah saat ini telah mengungsi di rumah sanak keluarga yang tidak terkena angin puting beliung. 

"Tidak menutup kemungkinan angin puting beliung kembali terjadi mengingat daerah Lahat sedang terjadi cuaca ekstrem," ujarnya. 

Sementara itu, usai kejadian jajaran Polsek Jarai, Lahat langsung mendatangi lokasi kejadian untuk membantu warga desa serta memastikan apakah ada korban jiwa dalam musibah angin puting beliung ini. 

Kapolres Lahat AKBP Sumaryanto, SIK menyampaikan, akan segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna menanggulangi dampak bencana alam dan mendirikan posko siaga bencana.

" Selain itu, kita akan meningkatkan peran binmas dalam menghimbau masyarakat untuk tanggap bencana alam, serta Unit Intelkam guna deteksi dini bencana alam," ungkap Kapolres Lahat didampingi Kasubsi Humas Polres Lahat, Aiptu Luisbono, SH. (Riz) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs