Sekda Lahat Manfaatkan Pelataran Rumah Dinas Dengan Sayuran Hydroponik dan Polibag, Wujud Dukungan GSMP

Sekda Lahat Manfaatkan Pelataran Rumah Dinas Dengan Sayuran Hydroponik dan Polibag, Wujud Dukungan GSMP


LAHAT, SL - Salah satu bentuk perwujudan  dan dukungan dari  Gagasan  Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang telah di Lounching Gubernur Sumsel awal Desember tahun lalu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat Chandra,SH,MM saat  diwawancarai singkat mengatakan, jika dia pribadi sangat mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP),dan bentuk dari dukungan tersebut dirinya memanfaatkan pelataran di Rumah Dinas ini dengan menanam  tanaman cepat panen.

"Tanaman yang bisa menjadi kebutuhan sehari hari, seperti Cabai,Tomat ,Sayur sayuran dan sejenisnya," ujarnya. 

Chandra juga mengajak para pemangku kepentingan, para pejabat dilingkungan pemerintahan  dan masyarakat di kabupaten Lahat untuk memanfaatkan halaman, lahan di sekitar rumah dengan menanam tanaman yang  bisa menghasilkan untuk kebutuhan sehari hari.

"Suatu kebutuhan yang sebenarnya bisa kita hasilkan sendiri  dengan memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan yang ada, media tanam dalam Polybag bisa menjadi alternatif jika lahan atau tanah pekarangan disekitar rumah tidak memungkinkan untuk ditanami," jelasnya. 

Disampaikan Chandra, selain  menggunakan media tanam dengan Polybag bisa juga menggunakan Media tanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah, Hydroponic misalnya. 

"Tetapi kita harus menekankan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman tersebut,  setidaknya kita atau masyarakat sudah dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri," ulasnya. 

Sementara itu, saat diwawancara Sekda Lahat nampak begitu sedang asyik mengamati amati tanaman Hydrponik nya  yang tumbuh subur  dipelataran  depan Rumah Dinas. 

Hal itu merupakan rutinitas setiap pagi yang dilakukan Sekda Lahat sebelum ke kantor

"Yang anda lihat sekarang ini, saya memanfatkan pelataran  rumah Dinas , untuk saat ini saya  menanam  Selada dengan media tanam Hydroponik  untuk jenis  tanaman lain seperti cabai, tomat, saya menggunakan media tanam dengan polybag,  seperti anda lihat sendiri,  tanah di halaman rumah dinas ini bisa dikatakan tidak ada, semua tertutup dengan  cor semen sehingga  dua metode tanam inilah yang bisa dilakukan dalam pemanfaatan pelataran halaman di rumah dinas ini," pungkasnya. 

Usai perbincangan Chandra juga mempersilahkan tanamannya untuk di petik dan dibawah pulang. 

"Silahkan Om, kalau Om mau petik saja, ada Cabai adaTomat , sambil mencabut  beberapa rumpun tanaman Selada  "kasih ke wong rumah (istri),  ini bisa untuk disayur, dibikin Salad atau lalapan makan, kebetulan yang di budidayakan ini jenis Selada Green butter head, di eropa sangat populer jenis Selada ini," demikian lanjut Sekda Lahat Chandra SH.MM mengakhiri perbincangan singkat dan berpamitan sebelum bergegas menuju Mobdin BG.6 E  yang sudah terparkir menantinya  berangkat untuk melaksanakan aktifitas dikantor Pemkab Lahat.(Riz/Regges) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs