Bupati Didampingi Kadis TPH dan Peternakan Lahat Launching E - Reporting Support GSMP

Bupati Didampingi Kadis TPH dan Peternakan Lahat Launching E - Reporting Support GSMP


LAHAT, SL Guna mengubah Mindset (Pola pikir-red) masyarakat dari Konsumtif menjadi produktif, Pemkab Lahat melalui Dinas Pertanian dan TPH kembali melaunching program GSMP (Gerakan Sumsel Mandiri Pangan) di UPT Balai Penyuluh Pertanian kecamatan Jarai Selasa (18/10). Gerakan pengolahan Sawah Elektronik dengan menggandeng PT BA dan Bank Sumsel diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kadis TPHP Lahat Eti Listina SP MM menyampaikan, Launcing Mandiri Pangan bertujuan untuk merubah midset masyarakat dari konsumtif menjadi Produktif. Sedikitnya 20 RTM sasaran sudah disalurkan melalui CSR – CSR dari PT Bukit Asam dan Bank Sumsel Babel. 

“Selain itu juga menyalurkan beberapa bantuan bibit dan benih varietas benih unggul kepada seluruh Poktan di Kabupaten Lahat,”terangnya

Dijelaskannya, sistem aplikasi e-Reporting adalah aplikasi yang sangat efektif dengan metode Polygon

“Aplikasi ini juga sebagai pertimbangan untuk mementukan kebijakan Pemerintah,' ujarnya. 

Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan, GSM merupakan gerakan perubahan pada pola pikir masyarakat dengan Potensi Kabupaten Lahat yang memiliki banyak perkarangan di rumah. 

“Memanfaatkan perkarangan untuk ditanami sayur-sayuran dan komoditi lainnya,”ungkap Bupati Lahat. 

Bupati Lahat mencontohkan, seperti di daerah tranmigrasi mereka beternak sapi dan kambing sehingga mereka bisa sejahtera. 

“Setiap setahun sekali hewan ternaknya di jual dan ditabung untuk keperluan keluarga,”terangya.(man)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs