RE-Akreditasi, Puskemas Sekip Targetkan Hasil Paripurna

RE-Akreditasi, Puskemas Sekip Targetkan Hasil Paripurna


PALEMBANG, SL - Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah memenuhi standar Akreditasi. 


Puskesmas Sekip telah menjalani survei re-akreditasi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang dilakukan oleh lembaga akreditasi selama tiga hari terhitung sejak 13-15 Juni 2023. 


Dalam proses re-akreditasi, terdapat sejumlah aspek penilaian yaitu Tata Kelola Sumber Daya (TKSD), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan mutu. Penilaian dilakukan selama tiga hari, yaitu pada hari pertama daring dan hari kedua dan ketiga luring.
 

Kepala Puskesmas Sekip, dr. RA Emiria Umi Kalsum, M.Kes mengungkapkan, Puskesmas Sekip sebelumnya telah menjalani survei akreditasi pertama pada Tahun 2017 dengan hasil Madya. Untuk proses reakreditasi ini diharapkan dapat memperoleh hasil Paripurna.


"Penilaian selama tiga hari, satu hari daring dan dua hari luring. Secara keseluruhan berjalan lancar," ujarnya, di Puskesmas Sekip, Jumat (15/06/23).  

Keberhasilan pelaksanaan re akreditasi Puskesmas Sekip tidak lepas dari dukungan dari Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr. Hj. Fenty Aprina, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan dan juga tim pembinaan internal persiapan akreditasi Puskesmas dr. Yuliarni, M.Kes, M. Daud Rusdi, SKM, MKM, dr. Syari Masyithah, dan Lisna Dwi Rahma, SKM, M.Kes
 

"Dalam hal ini, tentu saya juga dibantu tim hebat saya, dr Mardianita selaku ketua mutu, Ermayani, SKM selaku ketua pokja KMP, Dwi Astuti, SST., M.Kes selaku ketua pokja UKM, dan dr. Rini Oktavianty selaku ketua UKPP. Beserta semua staf Puskesmas Sekip kebanggaan saya, yang telah mencurahkan waktu, pikiran dan tenaga selama ini," ujarnya

Upaya perbaikan juga terus dilakukan mulai dari perbaikan gedung. Seperti kenyamanan di ruang tunggu pasien dan seluruh poli, kemudahan layanan pendaftaran pasien, dan penambahan alat kesehatan, sarana, dan prasarana. Tidak bisa dipungkiri masih ada keterbatasan lahan parkir, namun terus kami dorong untuk membuat masyarakat nyaman dan mudah mengakses pelayanan di Puskesmas Sekip. Kami komitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan," pungkasnya.(Red) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs