Perpustakaan Keliling Jadi Sarana Jemput Bola Tingkatkan Minat Baca Anak


LAHAT, SL - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dinperpusip) Lahat terus gencar meningkatkan minat baca pada anak - anak. Salah satunya adalah menggiatkan perpustakaan keliling dengan mendatangi sejumlah titik keramaian di Kota Lahat.

Beberapa manfaat perpustakaan keliling yang didapat adalah perpustakaan keliling berperan meningkatkan minat baca pada masyarakat, sehingga orang yang awalnya belum tertarik dengan buku menjadi tertarik dan yang sudah tertarik menjadi semakin tertarik untuk membaca lebih banyak koleksi buku. 

" Perpustakaan keliling juga sebagai bahan hiburan seperti dongeng dan buku bergambar utuk anak-anak, diskusi, dan aktivitas menyenangkan lainnya. Selain belajar formal di sekolah maupun universitas, pembelajaran juga dapat dilakukan secara informal seperti membaca buku di perpustakaan keliling, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan tambahan," terang Kadis Perpusip Lahat H.Firdaus Kurniawan, Kamis (14/09/23).

Namun, perpustakaan keliling juga memiliki beberapa tantangan. Diperlukan sumber daya dan dukungan yang cukup untuk menjaga perpustakaan keliling tetap berfungsi dan menyediakan koleksi buku yang memadai.

"Perlu perhatian khusus terhadap pemeliharaan buku, rotasi koleksi, serta penyediaan bahan bacaan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan komunitas yang dilayani. Koleksi pada perpustakaan keliling juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, karena koleksi pada perpustakaan keliling tidak sebanyak perpustakaan umum," ujarnya.

Menurutnya, perpustakaan keliling adalah sebuah inisiatif yang tinggi untuk meningkatkan akses terhadap literatur dan pengetahuan di kalangan masyarakat yang sulit dijangkau. Perpustakaan keliling memainkan peran penting dalam membentuk literasi, minat baca, dan mempromosikan pembelajaran.

"Jadi apabila kalian menjumpai Perpustakaan keliling, jangan ragu untuk mampir, ya! Karena ilmu tidak pernah putus sampai akhir hayat, dan bisa kita dapatkan darimana saja," imbaunya. (Red)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs