Lestarikan Budaya Bangsa, Pencak Silat Salah Satu Program Ekstrakurikuler yang Dimiliki SD Negeri 1 Lahat Selatan

Lestarikan Budaya Bangsa, Pencak Silat Salah Satu Program Ekstrakurikuler yang Dimiliki SD Negeri 1 Lahat Selatan


LAHAT, SL - Salah satu program melestarikan budaya bangsa ialah dengan memperkenalkan pencak silat kepada anak - anak diusia dini. Program ini juga tengah berjalan di SD Negeri 1 Lahat Selatan, Kecamatan Lahat Selatan,Lahat, yang jadwal latihannya dilaksanakan setiap Minggu dari pukul 8 pagi sampai pukul 11 siang. 


Himpunan Pencak Seni Silat Indonesia (HIMSSI) yang dilatih M.Azin Hidayat, M.Panser dan Mutia, jadi salah satu ekstrakurikuler unggulan yang diikuti peserta didik di SD Negeri 1 Lahat Selatan. Tak jarang, peserta didiknya menuai prestasi disetiap tournamen pencak silat tingkat pelajar. 


Kepsek SD Negeri 1 Lahat Selatan, Nurulfa, S.Pd mengungkapkan, pencak silat akan menumbuhkan nilai-nilai yang terkandung dalam seni bela diri, seperti rasa kemandirian, keberanian, dan kesabaran. 


Dia menjelaskan, latihan pencak silat yang diikuti peserta didiknya tidak terfokus dilingkungan sekolah. Namun juga digelar di tepian Sungai Lematang, Hal ini dilakukan agar peserta didik juga dapat menyatu dengan alam. 

"Pencak silat akan menjaga kesehatan fisik serta mengembangkan potensi diri sekaligus menumbuhkan mental yang tangguh," terangnya, Sabtu (20/09/24).(Her) 


 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Smartwatchs